Sejarah Serta Komunitas Hotwheels di Indonesia

  • Whatsapp
hotwheels
hotwheels
banner 468x60

Hotwheels – Hot wheels merupakan mobil mainan yang sangat populer di Indonesia sejak tahun 90-an dan awal tahun 2000-an. Mobil mainan yang terbuat dari berbahan metal ini jadi teman bermain cowok-cowok yang sangat populer pada saat itu. Mobil hot wheels ini umumnya dimainkan pada jalur khusus yang mirip dengan sirkuit monil mainan Tamiya tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Penggemar mobil hot wheels bukan anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa yang menjadikan mobil mainan hot wheels tersebut sebagai barang koleksi. Pada akhirnya hotwheels berubah menjadi mainan yang diminati dan digemari di semua kalangan. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk mengoleksi mobil mainan hot wheels yang langka. Untuk pecinta produk hot wheels, mungkin harga tidak akan menjadi masalah. yang terpenting adalah jumlah koleksi dirumah lengkap serta bisa memenuhi passion mereka dalam melakukan hobinya. Membeli mobil mainan hot wheels tidak hanya bisa digunakan sebagai pajangan saja, tetapi juga bisa dijadikan investasi di masa depan, sebab harga dari mobil mainan tersebut bisa semakin mahal dengan seiring bertambahnya usia produksi serta tingkat kelangkaan mobil mainan tersebut di pasaran.

Mobil mainan hotwheels awalnya diperkenalkan oleh sebuah perusahaan besar pembuat mainan berskala internasional bernama Mattel pada tahun 1968. Pada saat itu, perusahaan ini sangat bersaing dengan Matchbox yang tujuannya agar mendapatkan tempat spesial di hati para pecinta custom mobil balap. Bisa dibilang persaingan yang cenderung panas itu berlangsung hingga tahun 1997, namun pada akhirnya Matchbox bergabung dengan Tyco Toys yang merupakan cabang perusahaan dari Mattel. Maka dari situlah secara resmi persaingan yang pemanas antara Matchbox dan Mattel berakhir.

Sebagai pengingat, jauh sebelum adanya kehadiran hot wheels, ternyata terdapat pasar untuk model Die Cast mobil ini yang bahkan sempat dikuasai terlebih dahulu oleh perusahaan Lesney asal Inggris dengan labil mereka Matchbox. Setelah itu pada tahun 1968, hadirlah 16 model diecas hot wheels yang mana 11 di antaranya adalah hasil desain langsung Harry Bentley Bradley, ketika itu yang pertama diproduksi untuk pasar internasional yaitu Custom Camaro memiliki warna biru tua.

Bradley sendiri adalah mainan yang berasal dari industri mobil yang sudah merancang badan keseluruhan Dodge Deora concept car dn The Custom Fleetside. Supaya bisa membedakan antara matchbox dengan hot wheels yaitu Xbox lebih terfokus pada desain real mobil yang terdapat pada pasaran dunia otomotif, sedangkan hot wheels lebih terfokus pada custom mobil.

Singkat cerita kedua merek ini memang sangat berkembang pesat, meskipun perlu diakui merk hot wheels menjadi merek yang lebih berkembang pesat dan memiliki banyak sekali penggemar. Bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh model mobil keluaran hot wheels yang sangat artistik serta banyak komunitas yang mulai mengkampanyekan produk tersebut dengan berbagai event yang mereka gelar.

Penggemar hotwheels di Indonesia

Di Indonesia, jika ingin mengoleksi hot wheels terbilang tidak terlalu sulit karena bisa diperoleh di berbagai toko mainan anak-anak bahkan di ritel di Indomaret yang tersebar di semua tempat. Toko swalayan seperti Giant, Carrefour, Hypermart, ataupun toko-toko yang menjual mainan khusus kolektor yang kini banyak bermunculan.

Umumnya mobil mainan hot wheels dijual dengan harga Rp. 18.000 atau Rp. 25.000 untuk model yang reguler. Kolektor hot wheels di Indonesia terbilang cukup banyak, mulai dari mengoleksi mobil hot wheels reguler hingga hot wheels yang berlabel limited edition serta berharga jutaan.

banner 300x250
banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *